Mengungkap Sisi Lain PPSMB UGM 2012 “PALAPA” (Persiapan)

Sie Perlengkapan PPSMB UGM 2012
Perhelatan akbar penyambutan Gadjah Mada Muda 2012 bertajuk Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada (PPSMB UGM) PALAPA 2012 telah berakhir dengan spektakuler. Acara ini sukses digelar pada hari Kamis, 30 Agustus 2012 sejak pagi hingga sore hari. Acara PPSMB UGM 2012 yang di koordinatori oleh Septyan Bayu Anggara, mahasiswa Fakultas Teknik ini telah berhasil memecahkan Rekor MURI dengan kategori “Flashmob dance dengan membentuk peta Indonesia dengan peserta terbanyak”. Sebanyak 9839 peserta mengikuti flash mob dance dengan tarian yang berasal dari Papua dan diiringi oleh enerjiknya lantunan musik Sajojo.
Persiapan untuk pelaksanaan kegiatan ini memang tergolong singkat. Kami sebagai organizer committee (OC) PPSMB UGM 2012 memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk memantangkan konsep, persiapan serta pelaksanaan kegiatan. Waktu tiga bulan tersebut memang tidak sepenuhnya efektif digunakan untuk persiapan kegiatan karena sudah termasuk kegiatan open recruitment panitia yang mamakan waktu beberapa minggu serta terpotong oleh libur bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Praktis Kami sebagai panitia cukup terkuras baik dari segi pikiran, tenaga, dan waktu.
Berbagai pengalaman menarik yang dialami oleh panitia memang terkadang tidak diketahui oleh pihak diluar panitia. Di dalam tulisan ini Saya akan mencoba menggambarkan betapa berharganya setiap detik demi detik waktu yang dilalui oleh panitia. Selamat menikmati.
Kantor Sub Direktorat PPKB yang berada di sayap selatan lantai dua Gedung Pusat UGM menjadi salah satu saksi bisu kerja keras panitia di dalam mempersiapkan PPSMB UGM 2012. Tempat ini menjadi ruang sekretariat “dadakan” OC PPSMB UGM setelah sebelumnya ruang sekretariat PALAPA yang semula berada di Gelanggang Mahasiswa telah dipenuhi oleh barang-barang inventaris untuk keperluan kegiatan. Setelah Kami rehat sejenak selama 7 hari untuk merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman masing-masing, denyut persiapan kegiatan kembali dimulai pada tanggal 25 Agustus 2012. Panitia OC PPSMB UGM melakukan rapat koordinasi dengan Direktur Kemahasiswaan Dr. Drs. Senawi, M. P. di Kantor Sub Direktorat PPKB. Sejak saat itulah kantor ini mendadak menjadi ruangan yang paling ramai di Gedung Pusat UGM hingga pelaksanaan kegiatan berakhir.
Hiruk pikuk panitia OC terjadi mulai pagi hingga malam hari, bahkan mulai H-3 ketua OC PPSMB Septyan Bayu Anggara, Wakil Ketua OC Budiarjo dan Saya melanjutkan hiruk pikuk tersebut dari pagi hingga pagi hari kembali karena Kami bertiga bermalam hingga hari H pelaksanaan kegiatan di kantor ini, padahal ada larangan untuk menginap di kantor Gedung Pusat UGM oleh pihak kemanan.
Di dalam tulisan ini Saya mungkin hanya akan menyampaikan aktifitas panitia terutama Sie Perlengkapan karena Alhamdulillah Saya amanahkan untuk mengemban tugas ini. Di dalam kantor, terjadi kesibukan yang berbeda-beda di masing-masing sie panitia. Panitia Sie Acara yang digawangi oleh Dea Siti Hafsa atau yang biasa dipanggil dengan nama Tya sibuk dengan jajarannya membahas mengenai jumlah, nama, kontak pembicara yang akan mengisi materi Ke-UGMan di masing-gugus. Panitia Sie Hubungan Masyarakat (humas) yang digawangi oleh Maulana Rizki sibuk dengan pembagian materi serta menghubungi pembicara ke-UGMan. Panitia Sie Perlengkapan masih berkutat dengan jumlah dan nama ruangan yang akan digunakan untuk materi di seluruh gugus di UGM. Alhamdulillah H-5 jam, data mengenai jumlah dan nama ruangan sudah fix dan memperoleh persetujuan dari seluruh Wakil Dekan yang membidangi kemahasiswaan di seluruh fakultas di UGM. Saya teringat ketika koordinator sub bidang indoor yaitu Ali Mahfud yang sangat berjasa di dalam penetapan ruangan, dibuat pusing, berpose memegangi kepala sambil me-rechage HP yang dipegangnya sambil ber-SMS.
Persiapan yang dilakukan oleh sub bidang lainnya seperti Outdoor (Fahrizal Lutfi), Komunikasi (Muhammad Rifki Adityawan), dan Ibadah (Gunawan) Alhamdulillah berjalan dengan baik meskipun masih ada sedikit hambatan akan tetapi tim perlengkapan dapat dengan mudah mengatasinya. Saya angkat topi untuk kegigihan teman-teman sie perlengkapan.

Cerita PPSMB UGM 2012 selanjutnya klik disini

1 comments:

Newer Post Older Post Home

 

Followers

Pakai Aplikasi Paytren

Investasi Pohon

Total Pageviews

Visitors

Translate This Page

Wisata Hati Business School

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger