Nyanyian Rindu

Selamat pagi,,
Seperti biasa ku awali hari dengan secangkir teh manis
Pagi tampaknya mewakili pikiranku saat ini

dan nampak sepasang kepodang yang gelisah
mulai terusik berisik kepala penaku
yang masih saja mengalirkan torehan rinduku
tak lama mereka pun terbang melambung

Kepakkan lepas sayapmu
bawalah torehan hitam tintaku
sampaikan padanya irama penaku barusan
sampaikan padanya bahwa ia lah yang selalu ku rindukan

Selamat Hari Ibu :)

Virtual Reality sebagai Ilustrator Konsep Kepariwisataan Alam


          Kita sering mendengar istilah virtual reality atau simulasi yang digunakan pada suatu percobaan atau pengujian suatu sistem, misalnya tes untuk pilot yang menggunakan sebuah simulator yang didisain sedemikian rupa sesuai kondisi kokpit pesawat terbang yang di dalamnya terdapat sistem yang dapat digunakan untuk simulasi penerbangan yang sangat mirip bahkan sama dengan kenyataan. 

        Calon pilot diwajibkan untuk melewati uji tersebut sehingga memperoleh pengalaman melakukan penerbangan sebelum melakukan penerbangan sesungguhnya di lapangan. Konsep inilah yang saat ini mulai dikembangkan di Indonesia oleh beberapa peneliti dan pengembang dibidang kepariwisataan alam untuk menciptakan model-model pengembangan suatu kawasan objek daya tarik wisata (ODTW) di suatu kawasan secara 3 dimensi. Selama ini konsep pengembangan model kepariwisataan alam masih berupa gambar 2 dimensi berupa peta maupun secara 3 dimensi yang masih sekedar dalam bentuk maket. Di dalam model pengembangan (virtual reality) tersebut, dimasukkan unsur-unsur yang terdapat di lapangan baik hard material (objek buatan manusia) maupun soft material (objek natural) sehingga diperoleh gambaran yang jelas mengenai kondisi kawasan wisata yang akan dikembangkan.



         Didalam model ini, akan terjadi komunikasi antara desainer kawasan wisata dengan pengguna kawasan atau wisatawan yang akan memberikan penilaian terhadap model yang telah dibuat baik dari segi atraksi wisata yang ditawarkan maupun dari segi fasilitas yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata. Desainer juga dapat membuat beberapa desain kawasan wisata yang nantinya juga akan dilakukan penilaian oleh pengguna mengenai desain-desain tersebut.


                Pembuatan model semacam ini memang lebih sulit apabila dibandingkan dengan sekedar membuat sketsa dalam peta, brosur wisata, maupun maket 3 dimensi. Proses pembuatannya menggunakan beberapa software yang memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, misalnya AutoCAD, Google Sketchup, Adobe Photoshop, maupun Quest 3D. Software tersebut dapat diganti menggunakan software lain yang fungsinya serupa. Keunggulan model virtual reality yaitu mampu memberikan pengalaman yang lebih nyata kepada user atau wisatawan dan dapat digunakan sebagai gambaran yang sebenarnya terhadap kondisi kawasan wisata yang hendak dikunjungi.

Newer Posts Older Posts Home

 

Followers

Pakai Aplikasi Paytren

Investasi Pohon

Total Pageviews

Visitors

Translate This Page

Wisata Hati Business School

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger