Green Lifestyle


Pepatah bijak mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" dan  "Sayangilah Bumi Kita karena hanya ada satu Bumi". Apa yang dapat Kita lakukan sebagai khalifah di muka bumi ini ?? 
Beberapa tindakan kecil yang semoga dapat menjadikan Kita lebih sadar untuk menyanyangi Bumi Soo... Cekidot guys !!! :D
  1.  Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes. Selain menghemat energi dan air bersih, tagihan listrik pun berkurang.
  2. Gunakan lampu hemat energi,, meskipun lebih mahal, rata-rata lampu ini lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80% dari lampu pijar biasa.
  3. Maksimalkan pencahayaan dari alam,, Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca di plafon dan maksimalkan pencahayaan melalui jendela.
  4. Hindari posisi standby pada alat elektronik,, Jika semua peralatan rumah tangga dimatikan, emisi CO2 akan berkurang secara signifikan. Gunakan colokan listrik dengan tombol on-off atau cabut kabel dari sumber listriknya.
  5. Jika pengisian ulang baterai sudah penuh, segera cabut,,Ini berlaku untuk telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, atau kamera, dll
  6. Kurangi waktu dalam membuka lemari es,, Setiap menit pintu lemari es dibuka, diperlukan waktu rata-rata 3 menit full energi untuk mengembalikan kulkas ke suhu awal.
  7. Jangan membeli bunga potong,,Jika daerah Anda bukan penghasil bunga hias, maka bisa dipastikan bunga itu dikirim dari tempat lain. Ini akan menghasilkan “jejak karbon” yang besar
  8. Gunakan gelas yang bisa dicuci,, dengan demikian kita akan mengurangi sampah gelas sekali pakai.
  9. Bawa tas yang bisa dipakai ulang,, Membawa tas belanja sendiri mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan.
  10. Berbelanjalah di lingkungan sekitar rumah,, Biaya transportasi dan BBM pun dapat ditekan.
  11. Tanam pohon setiap ada kesempatan,, Baik di lingkungan sekitar atau dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon.
  12. Pasang AC di suhu yang dirasa cukup. Hindari penggunaan suhu maksimal dan jangan biarkan ada celah yang terbuka jika sedang menggunakan AC hal itu akan membuat AC bekerja lebih keras.
  13. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC
  14. Gunakan pemanas air tenaga surya,, meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang ini akan menghemat tagihan listrik
  15. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar,, Menghindari makanan olahan atau kemasan akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang.
  16. Beli produk lokal,, Selain lebih murah juga sangat mengehmat energi. Jika diimpor dari daerah lain, emisi karbon yang dihasilkan akan lebih besar.
  17. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas,, usahakan untuk menggunakannya berulangkali.
  18. Membeli dalam kemasan besar,, Selain lebih murah, juga menghemat sumber daya untuk kemasan. Jika terlalu banyak, ajak teman atau saudara membeli bersama.
  19. Matikan oven beberapa menit sebelum waktunya,, jika tetap dibiarkan tertutup, panas oven tersebut tidak akan hilang.
  20. Hindari fast food,, Selain buruk bagi kesehatan, industri fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia.
  21. Potong bahan makanan dalam ukuran yang lebih kecil,, Energi yang digunakan pun akan lebih hemat.
  22. Cuci baju dalam jumlah banyak dan gunakan air dingin,, Jika keluarga kecil, kumpulkan pakaian hingga kapasitas maksimal mesin cuci. Ini akan menghemat air, mengurangi pemakaian listrik, dan mengurangi pencemaran akibat deterjen.
  23. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan,, Saat ini mungkin harganya memang lebih mahal, tapi apabila mampu lakukanlah demi masa depan Bumi dan anak cucu Kita.
  24. Gunakan ulang perabotan rumah,, Jika sudah bosan dengan perabotan lama, adakan garage sale berikan pada orang lain atau bawa ke pangrajin untuk dimodifikasi sesuai keinginan
  25. Donasikan mainan yang sudah tidak sesuai untuk umur anak Anda,, ini akan mengurangi produksi mainan-mainan yang terus menghabiskan sumber daya bumi kita. 
Newer Posts Older Posts Home

 

Followers

Pakai Aplikasi Paytren

Investasi Pohon

Total Pageviews

Visitors

Translate This Page

Wisata Hati Business School

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger