Green Lifestyle 2

Artikel sebelumnya....
  1. Gunakan deodorant atau produk semprot lainnya yang non-aerosol,, Aerosol adalah penyumbang besar dalam pencemaran udara.
  2. Makan siang di tempat makan,, Jika rutin makan di luar lebih baik Kamu membeli kotak makan atau tempat minum yang kuat dan bisa dipakai berulang kali. Hindari Styrofoam yang berasal dari minyak bumi dan sulit diurai, lebih baik lagi apabila makan ditempat tidak perlu dibawa pulang.
  3. Gunakan kertas lebih sedikit,, maksimalkan penggunaan email. Cetaklah laporan presentasi hanya jika diperlukan.
  4. Matikan peralatan elektronik,, Pastikan semua dalam keadaan mati ketika meninggalkan ruangan, jika perlu cabut dari sumber listriknya.
  5. Gunakan e-banking,, Alihkan tagihan kartu kredit melalui email. Bank di Indonesia umumnya telah menyediakan fasilitas e-banking yang lengkap
  6. Bagi industri, mulai gunakan sumber energi yang dapat diperbaharui,, Gunakan peralatan yang hemat listrik dan hemat energi, serta buatlah peraturan penghematanenergi dan sumber daya. Pilih teknologi yang ramah lingkungan, dan lakukan penanganan yang baik untuk limbah industri. Edukasi karyawan untuk terbiasa bertanggungjawab dalam penghematan energi. Tingkatkan kesadaran mereka mengenai kecintaan lingkungan. Jadikan perlindungan dan keselamatan lingkungan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR). 
  7. Berliburlah di dalam negeri dan gunakanlah transportasi darat,, Berlibur sangat meningkatkan jejak karbon, terutama jika dilakukan dengan pesawat terbang yang merupakan penyumbang gas rumah kaca yang lebih besar dari pada mobil atau kedaraan darat lainnya.
  8. Kurangi perjalanan bisnis,, Teknologi sekarang sangat memungkinkan untuk melakukan komunikasi jarak jauh.Pengecualian dapat dilakukan untuk transaksi yang membutuhkan tandatangan atau kehadiran.
  9. Gunakan handuk hotel lebih dari satu hari,, Hal tersebut akan menghemat air dan deterjen yang dipakai.
  10. Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak. Hal ini dapat mengurangi beban BBM, biaya sopir, dan cicilan kendaraan.
  11. Kecil itu indah dan hemat. Gunakan city car atau mobil dengan bahan bakar bio fuel, elektrik, hibrida, bahkan hydrogen sesuai dengan kemampuan. Tak perlu membeli SUV besar 4x4 jika tidak bekerja di pertambangan atau perkebunan.
  12. Ganti bahan bakar dengan bahan bakar yang dapat diperbaharui
  13. Cek tekanan angin ban dan jadwal servis kendaraan. Menurut survei ini akan menjaga mobil pada kondisi optimal akan menghemat 5% pengggunaan bahan bakar.
  14. Sewa mobil jika diperlukan. Jika mobil bukan sarana utama, maka menyewa adalah pilihan yang baik. Termasuk jika hanya memerlukan kendaraan besar untuk beberapa kesempatan saja.
  15. Matikan mesin saat menunggu atau terjadi kemacetan total. Panas saat menunggu dapat dikurangi dengan menggunakan kaca film yang baik.
  16. Berbagilah !! Carilah rekan kerja, tetangga atau teman yang area kerjanya sejalan dengan tujuan kerja / berpergian Kamu. Biaya perjalanan pun bisa dibagi.
  17. Belajarlah mengemudi dengan baik. Ganti perseneling lebih awal mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan / lampu lalu lintas berhentilah dengan perlahan bukan dengan rem mendadak. Hindari mengemudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm, lalu mengemudilah dibatasan 1500-3000 rpm.
  18. Go rechargeble, gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang. Jika harus menggunakan yang satu kali buang, gunakan Lithium-ion (Li-Ion) dan nickel metal hydride (NiMH).
  19. Utamakan hemat energi saat membeli peralatan elektronik. Misalnya pilih TV LCD daripada jenis tabung dan beli AC atau kulkas dengan konsumsi listrik terendah.
  20. Gunakan lebih lama. Jangan mudah berganti barang elektronik yang memilki fungsi sama. Jika terpaksa dilakukan, donasikan barang yang lama.
  21. Cleaner, greener, meaner. Meski masih lebih mahal, produk kebersihan yang ramah lingkungan sudah mulai hadir di supermarket. Belilah bila mampu atau campur cuka dengan air hangat (50:50) untuk pembersih serba guna. Untuk menghilangkan bau pada karpet gunakan baking soda.
  22. Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting agar energi dan racun disekitar cepat menguap terutama saat membersihkan rumah.
  23. Untuk kesegaran ruangan, tempatkan tanaman hidup pada siang hari dan keluarkan saat malam hari. Pastikan tanaman tersebut dapat hidup didalam ruangan dan di dalam pot.
  24. Untuk penanganan barang beracun, segera hubungi dinas kebersihan atau lingkungan sekitar.
  25. Dan tidak kalah pentingnya,, sebarkan informasi ini kepada orang yang Kamu kenal karena hal kecil yang dilakukan secara bersama-sama akan menjadi dampak yang besar :D seperti kata Mario Teguh "Lakukan kemudian perhatikan perubahan yang terjadi !!! " . Copy link ini untuk di share :) atau klik icon facebook, twitter atau google buzz dibawah untuk share di akun Kamu :)
Semoga Bermanfaat :)

taken from : http://planetbumi.wordpress.com

0 comments:

Newer Post Older Post Home

 

Followers

Pakai Aplikasi Paytren

Investasi Pohon

Total Pageviews

Visitors

Translate This Page

Wisata Hati Business School

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger