Mengetahui Aplikasi Autorun Ketika Windows Start Melalui Registry

    Pada saat komputer pertama kali kita hidupkan, maka secara otomatis windows akan me-load aplikasi-aplikasi yang telah tersetting untuk berjalan secara otomatis (autorun) saat Windows start. Beberapa aplikasi yang otomatis berjalan begitu Windows start dapat dilihat di taskbar (pojok kanan bawah desktop), misalnya antivirus, dan beberapa software lainnya. Nah untuk me-load beberapa aplikasi tersebut tentu saja memerlukan waktu beberapa saat. Untuk aplikasi seperti antivirus atau aplikasi lainnya yang anda perlukan sih ga jadi masalah, yang jadi masalah ketika ada aplikasi yang sebetulnya tidak kita perlukan ikut-ikutan nyala ketika windows start. Untuk kita yang bisa bersabar untuk menunggunya tentu saja waktu delay tersebut tak menjadi masalah, tapi bagaimana jadinya jika suatu saat kita terburu waktu untuk mengambil data dari komputer misalnya, wah malah jadi makin repot ujung-ujungnya....
Nah pada posting ini saya akan memberitahukan kepada anda cara untuk mengetahui aplikasi apa saja yang secara otomatis berjalan ketika windows start melalui registry. Selain anda dapat mengetahui aplikasi apa saja yang autorun, anda juga dapat sekaligus menghapus/mendisable aplikasi autorun yang sekiranya tidak anda perlukan. Sebelum membuat suatu perubahan pada Registry, sebaiknya anda melakukan Backup Registry terlebih dahulu.
Pertama kita masuk ke Registry Editor, caranya :
>>Untuk Windows XP dan Windows versi sebelumnya : klik menu START > RUN > ketikkan REGEDIT > OK
>>Untuk Windows Vista : Klik menu START > ketikkan REGEDIT pada kolom START SEARCH > tekan Enter
Kemudian akan muncul jendela Registry Editor

Setelah muncul jendela Registry Editor, navigasikan ke key berikut ini :
My Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
maka akan muncul panel sebelah kanan yang berisi aplikasi-aplikasi yang autorun saat WIndows Start. Untuk mendisable aplikasi yang autorun, klik kanan pada aplikasi yang ingin di disable kemudian delete.


Key navigasi tersebut hanya akan menampilkan aplikasi yang autorun pada user yang sedang dijalankan (user tertentu). Untuk mengetahui aplikasi yang autorun pada semua user atau dengan kata lain autorun oleh komputer (bukan user tertentu) navigasikan key berikut ini :
My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
maka akan muncul panel sebelah kanan yang berisi aplikasi-aplikasi yang autorun saat WIndows Start. Untuk mendisable aplikasi yang autorun, klik kanan pada aplikasi yang ingin di disable kemudian delete.


Setelah selesai, tutup jendela Registry Editor kemudian Restart komputer anda dan lihat hasilnya.
Semoga bermanfaat....:)

3 comments:

Newer Post Older Post Home

 

Followers

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger