Beberapa Negara Kepulauan Terancam Hilang dari Peta Dunia

Akhir-akhir ini isu pemanasan global (global warming) dan Perubahan Iklim (Climate Change) menjadi topik yang sedang hangat diperbicangkan. Ya memang kalau bicara masalah tersebut diatas memang tidak lepas dari akibat tingkah polah manusia yang semakin lama semakin serakah untuk mengeksploitasi kekayaan Sumber Daya Alam yang notabene diberikan gratis oleh Allah SWT. Tapi meskipun gratis, kita juga wajib memperhatikan kelestarian lingkungan yang ada karena kita sudah disediakan SDA yang melimpah oleh-Nya.

Namun, apa yang terjadi saat ini, kita dapat melihat dan merasakan sendiri banyak hal yang berubah di bumi yang kita tempati ini, seperti beberapa Negara kepulauan terancam hilang, kenaikan suhu bumi yang sangat tajam, perubahan iklim yang terjadi dibumi, dan lain sebagainya.
Diperkirakan 14 negara kecil terancam hilang akibat naiknya permukaan laut, antara lain beberapa negara pulau di Samudra Pasifik, yaitu Sychelles, Tuvalu, Kiribati, dan Palau, serta Maladewa di Samudra Hindia. Akibat pemanasan global, minimal 18 pulau di muka bumi ini telah tenggelam, antara lain tujuh pulau di Manus, sebuah provinsi di Papua Niugini. Kiribati, negara pulau yang berpenduduk 107.800 orang, sekitar 30 pulaunya saat ini sedang tenggelam, sedangkan tiga pulau karangnya telah tenggelam. Naiknya permukaan laut disebabkan semakin naiknya suhu udara di kutub yang berakibat mencairnya es yang dulu dibilang “Es Abadi” dikutub bumi.
Maladewa yang berpenduduk 369.000 jiwa, presidennya telah menyatakan akan merelokasikan seluruh negeri itu. Sementara itu, Vanuatu yang didiami 212.000 penduduk, sebagian telah diungsikan dan desa-desa di pesisir direlokasikan. Hal tersebut sangat mengerikan apabila benar-benar terjadi, dan tentu saja akan mengubah peta dunia saat ini. Menurut Badan Riset Kelautan dan Perikanan DKP, Indonesia sendiri berpotensi kehilangan 2.000-an pulau pada tahun 2030 bila tidak ada program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Hmm….. Kalau boleh nyeletuk sedikit, lebih baik pulau-pulau Indonesia lebih baik dijual dulu sebelum tenggelam…… he…he….
Semoga bermanfaat :)

1 comments:

Newer Post Older Post Home

 

Followers

Pakai Aplikasi Paytren

Investasi Pohon

Total Pageviews

Visitors

Translate This Page

Wisata Hati Business School

 

Templates by Drajat Dwi Hartono | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger